Jumat, 18 Desember 2009

MENOPAUSE

Menopause adalah Gejala yang dialami oleh wanita, ialah masa dimana seorang wanita mengalami berhentinya menstruasi atau haid. Sebagian wanita mengalami Menopause pada usia sekitar 40an sampai 50 tahun. Karena terjadi pemberhentian masa haid, ini mengakibatkan perubahan organ reproduksi wanita, terletak pada fungsi indung telurnya yang akan mempengaruhi fungsi kerja hormon.

Selain mempengaruhi fungsi kerja hormon, Menopause juga mempengaruhi keadaan psikis biasanya ditandai dengan keluhan-keluhan yang bisa mengganggu perkembangan psikisnya. Tetapi rata-rata seorang wanita menghadapi masa Menopause ini dengan biasa-biasa saja, karena bagi mereka ini merupakan siklus kehidupan yang memang harus di jalani.

Memasuki masa menopause. Mereka cemas dengan berakhirnya era reproduksi yang berarti berhentinya nafsu seksual dan fisik. Apalagi menyadari dirinya akan menjadi tua, yang berarti kecantikannya akan memudar. Seiring dengan hal itu, validitas dan fungsi organ tubuhnya akan menurun. Hal ini akan menghilangkan kebanggaannya sebagai wanita. Keadaan ini dikhawatirkannya akan memengaruhi hubungannya dengan suami maupun lingkungan sosialnya. Selain itu, usia ini sering dikaitkan dengan timbulnya penyakit kanker atau penyakit lain yang sering muncul pada saat wanita memasuki usia tua.

Gejala fisik pada saat memasuki masa Menopause ialah panas pada tubuh, keringat pada malam hari, susah tidur, terjadi iritasi pada kulit, gejala pada mulut dan gigi, penurunan daya ingat, mudah marah dan panik, serta depresi.

Sumber:

Ahmad, P. 1993. Kesalahpahaman Pada Masyaraka Terhadap Perilaku Seksual Pada

Masa Menopause. Dalam Menopause dan Penanggulangannya. Yogyakarta:

Kanisius.

3 komentar:

  1. tanda2 seorang wanita mengalami Monopause ap, dha????????????????

    BalasHapus
  2. apakah menopause dapat dicegah?

    BalasHapus
  3. reza...silahkan anda baca artikelnya kembali..

    BalasHapus