Sabtu, 19 Desember 2009

MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN-PENGALAMAN TIDAK MENYENANGKAN DAPAT MENINGKATKAN KESEHATAN FISIK.

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa tindakan anda mengungkapkan emosi-emosi negative dapat meningkatkan anda pada resiko terkena berbagai penyakit dari tekanan darah tinggi hingga kanker. Dan, berkebalikan dengan apa yang mungkin anda kira, jika anda berkeras menuruti kemauan anda sendiri, dan mengeluh jika tidak, mungkin keadaan anda akan lebih baik daripada jika anda selalu berusaha mempertahankan penampilan ceria.

Apakah anda orang yang terbuka atau tertutup?

Jika dihadapkan pada stimulus yang menggugah emosi ( misalnya, cerita atau gambar yang tidak menyenangkan ), orang yang tertutup tidak menunjukkan respons yang jelas, sedangkan orang yang terbuka bereaksi secara lebih terbuka. Namun, orang-orang yang tidak banyak menujukkan respons lahiriah cenderung bereaksi dengan stress batin yang lebih berat, seperti yang bisa diukur dengan frekuensi detak jantung dan konduktansi kulit. Juga ketika diminta untuk berbicara melalui Tape Recorder tentang pengalaman pribadi mereka yang paling traumatis, orang-orang yang mau mengungkapkan detail-detail yang paling pribadi dan mebuat stress menunjukkan konduktansi kulit ( stress yang lebih rendah ) dari pada mereka yang ceritanya tidak terlalu pribadi dan mengesalkan.

Eksperimen-eksperimen ini menyiratkan bahwa jika pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan ditekan, mereka akan menimbulkan dampak lebih berat pada sistem saraf otonom daripada jika pengalaman-pengalaman tersebut diungkapkan baik secara verbal maupun nonverbal.

2 komentar:

  1. jadi lebih baik yang mana nih,,kita harus bersikap terbuka atau tertutup?kn gak semuanya harus kita buka..

    BalasHapus