Sabtu, 19 Desember 2009

DHEA ( Suplemen Hormon yang diuji baru-baru ini, dapat membuat manula merasa muda kembali )

Suatu hormon misterius belakangan ini berdiri ditengah-tengah peperangan yang panas antara kepentingan financial, medis, dan intelektual karena berbagai komunitas medis menyatakan bahwa ia mampu menyembuhkan penyakit-penyakit dari kanker hingga depresi, dan bahkan membalikan proses biologis penuaan itu sendiri. Hormon tersebut, yang sedang dipromosikan sebagai obat ajaib uplemen diet di toko-toko kesehatan dan bahkan melalui internet, adalah Dehydroepiandrosterone , yang lebih dikenal dengan DHEA.

Apakah DHEA?

Dhea adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal pada primata manusia, kera, dan monyet dan beberapa spesies lain. Pada manusia dank era, kadar hormon itu meningkat tajam selama masa pubertas dan memuncak pada masa dewasa muda, setelah itu, kadar DHEA turun tanpa dapat dihentikan lagi hingga pada usia, hanya tersisa dalam kadar yang sangat sedikit dalam darah.

Mengapa Turun? Tidak ada yang tahu pasti. Kita hanya tahu bahwa DHEA diubah secara metabolis menjadi steroid seks oleh berbagai jaringan tubuh. Tetapi mungkin ini hanya sebagian kecil dari cerita yang panjang.

Dalam suatu kajian perintisan belakangan ini, Pria dan wanita usia setengah baya hingga usia tua yang mengidap penyakit depresi berat diberi suplemen DHEA selama empat minggu. Semua pasien menunjukkan peningkatan suasana hati yang signifikan menurut instrument tes standar, dan juga peningkatan dalam ingatan verbal. Ketika pengobatan dihentikan, depresi dan ingatan kembali pada kadar sebelumnya.

DHEA sebagai pelindung terhadap penyakit jantung dan kanker.

Beberapa kajian membuktikan adanya korelasi antara kadar DHEA yang rendah dan penyakit koroner-arteri. Pemberian suplemen DHEA terbukti mampu mencegah agregasi trombosit darah, dan dengan demikian menurunkan resiko serangan jantung atau stroke. DHEA dapat juga berperan dalam meningkatkan sistem imun, kadar DHEA yang rendah ternyata dapat juga berkorelasi dengan beberapa jenis kanker, dan suplemen DHEA dapat meningkatkan produksi sel-sel “ pembunuh alamiah “ untuk memerangi kanker.

1 komentar:

  1. emg hormon DHEA diproduksi dmn???

    apakah ad contohnya dr kasus diatas????

    BalasHapus