Sabtu, 19 Desember 2009

APAKAH SEBAGIAN TEMPRAMEN “ BAIK “ DAN YANG LAIN “ BURUK “?

Dari satu perspektif, kita keliru kalau memandang tempramen secara mutlak. Suatu tempramen tertentu bisa berubah menjadi individu yang dapat menyesuaikan diri dengan baik atau buruk bergantung pada sejauh mana tempramentersebut cocok dengan tuntutan dan harapan orang lain, suatu konsep yang kadang-kadang dikatakan sebagai “ kebaikan penyesuaian diri “. Masyrakat yang berbeda memberikan nilai yang berbeda pada profil tempramen yang berbeda, dan pekerjaan atau subkultur yang berbeda mungkin dengan norma-norma budaya yang dominant.

Pada tingkat perkembangan, yang dimaksud disini adalah bahwa kecenderungan tempramen bawaan seorang bayi biasanya akan memancing respons yang berbeda dari ibu atau perawatnya, bergantung pada budaya atau tempramen individual sang ibu atau perawat itu sendiri. Bayi yang cenderung sedih biasanya akan mengembangkan kepribadian yang berbeda bergantung apakah ibunya orang jerman atau jepang sebab ibu-ibu jerman pada umumnya mengharapkan anak-anak mereka dapat mengatasi sendiri tantangan-tantangan emosi mereka.

Namun, kita hanya bisa melangkah sejauh ini dalam relativisme bebas kita. Semua manusia, tidak peduli apa budaya mereka memiliki respons stress biologis yang negative terhadap suara bayi menangis. Sampai taraf tertentu, ini dapat memenuhi tujuan yang bermanfaat sebab hal itu dapat mendorong timbulnya usaha untuk menenangkan, memberi kenyamanan, dan menjalin ikatan. Tetapi tangisan yang berlebihan juga bisa menyebabkan sang ibu menghindari atau bahkan tidak menyukai bayinya. Dari budaya manapun, bayi yang cenderung sedih, yang ibunya menghindari atau tidak menyukainya, jauh lebih mungkin untuk menjadi orang yang sulit menyesuaikan diri dari pada mereka yang ibunya mendatang dipengaruhi oleh reaksi-reaksi yang di timbulkan oleh tempramen bawaannya, dan tempramen-tempramen tertentu cenderung membawa serta resiko-resiko tertentu pula.

2 komentar:

  1. kira2 berapa persen perbedaan antara tempramen baik dan buruk??????????????

    BalasHapus
  2. temperamen merupakan faktor bawaan atau bukan?

    BalasHapus