Minggu, 15 Januari 2012

INTERNET YANG BAIK UNTUK ANAK

INTERNET YANG BAIK UNTUK ANAK

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Anak disini bisa di kategorikan dalam usia kurang dari 12 tahun. Yang masih diartikan butuh pengawasan yang ketat dari orang tuanya. Jika anak dibawah umur 12 tahun sudah mengenal internet, berikut ini menurut saya hal-hal yang dibutuhkan oleh para orang tua untuk mengawasi anaknya ; dampingi anak ketika ingin bermain internet, sebelumnya pergunakan aturan jika ingin memakai internet. Ajarkan dalam membuat email agar tidak membuat keterangan pribadi yang asli. Pilihkan situs-situs apa saja yang diperbolehkan untuk dibuka seperti (belajar sambil online, games-games yang mengasah otak, pendidikan-pendidikan yang menggunakan akses internet). Aturkan penjadwalan dalam memakai internet, perbolehkan setelah menyelesaikan tugasnya atau setelah belajar, tidak terlalu lama dalam pemakaiannya. Jika sudah ada komitmen dari awal, anak akan menjalankan apa yang sudah diajarkan oleh orang tuanya.

ANALISIS DAN PERBANDINGAN DARI SUATU WEBSITE

ANALISIS DAN PERBANDINGAN DARI SUATU WEBSITE

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink)

Disini kita melihat perbandingan dari segi : 1. Perorangan

2. Pemerintah

3. Perusahaan

I. Perorangan

a. Referensi dari website perorangan saya mengambil contoh dari blogger (situs : http://f3l1s14.wordpress.com/), blogg dari seorang Fotografer yang ingin mengiklankan dirinya lewat wordpress.

Tampilan awal dari blogg ini berdominan warna biru, jika dilihat orang ini menyukai ketenangan karena warnanya tidak terlalu mencolok bahkan lebih soft. Simple dan blognya pun berisi info-info yang memang diperuntukkan untuk masyarakat yang melihat blognya, tidak hanya memberikan info dari pengalaman yang didapatnya, tapi Orang yang mempunyai blogg ini juga memberikan info tentang kelebihan yang dimilikinya yaitu seorang fotografer, dia menawarkan foto pra-wedding. Ada Link tersendiri jika para pembaca ingin melihatnya (http://www.offboxphotography.com/ ), di blogg ini juga terdapat info seputar Blackberry, Gaya hidup dan seputar mengenai promosinya.

b. Referensi dari website perorangan yang kedua saya mengambil contoh dari blogger

(situs : http://www.donaalfian.com/) , blogg yang memberi slogan Inspiration for helping People on Internet

Menurut saya Layout tampilan awal dari blog ini berwarna biru dan putih, tulisan pada blog ini pun di variasikan menjadi warna-warni sehingga terlihat cerah. Isi dari blogg ini pun lebih banyak memberikan informasi- informasi mengenai internet yang bisa menambah wawasan kita sebagai pembaca. Terdapat iklan dalam blognya. Tapi terlihat penuh dalam penataan isi blognya. Ia juga mengakseskan blognya ke facebook dan didalam facebook itu menjelaskan bahwa ia akan mencari banyak teman dan berbagi pengalaman yang ia punya. Sangat menarik.

II. Pemerintah

a. Referensi dari website pemerintah saya mengambil contoh dari blogger

(Situs : http://www.dpr.go.id/ )

Menurut saya Layout tampilan awal dari blog ini sangat tersusun rapi background berwarna putih dan paling atas terdapat gambar gedung dpr itu sendiri, bagian yang lain berwarna cokelat,tulisannya pun ada yang berwarna putih, hijau dan juga hitam. terdapat juga iklan yang bertuliskan rencana strategis DPR 2010-2014. Ada juga kutipan iklan mengenai berita-berita dari DPR itu sendiri. Banyak sekali info-info mengenai negara. sangat terkonsepkan dalam penataan isi-isi dari blognya.

b. Referensi dari website pemerintah yang kedua saya mengambil contoh dari blogger

(situs : http://golkar.or.id/)

Menurut saya Layout tampilan awal dari blog ini bagian atasnya sangat cerah karena menggunakan simbolis warna dari partai golkar ini yaitu kuning. Tetapi dibagian bawahnya hanya menggunakan warna putih. Diujung atas sebelah kanan terdapat simbol dari partai golkar itu sendiri. Terdapat iklan mengenai aktivitas dari partai golkar. Banyak informasi didalam blog ini. Serta juga mencantumkan komentar-komentar dari orang lain untuk kemajuan partai golkar.

III. Perusahaan

a. Referensi dari website perusahaan saya mengambil contoh dari sebuah perusahaan Make Up yang bernama Maybeline (situs : http://www.maybelline.com/ )

Tampilan layar awal berwarna Hitam dengan tulisan berwarna putih, terdapat iklan dari produk maybeline itu sendiri dengan ukuran (16,5 x 9 cm) dan 5 iklan kecil dibawahnya, dan tersedia bagian-bagian dari maybeline jika kita ingin mengetahui lebih dalam lagi seperti : What’s New, Product, Lessons, NYC365, ON SET, NewsLetter, My Shopping bag, bagian Search, Buy Online, Follow us on, Location, Get newsletter, Sign Up .semuanya tersusun dengan rapi dan sesuai dengan urutannya.

Warna hitam yang diambil adalah warna ciri khas dari maybeline itu sendiri, dengan tambahan warna seperti pink, biru dan ungu atau warna-warna yang lebih soft. Banyak foto-foto wanita yang ditampilkan dari website ini, karena maybeline adalah perusahaan yang bergerak di bidang Make-up wanita.

Filosofi maybeline terdapat di dalam situs (http://maybelline-face.com/?task=flawless&id=3 ) disini tersedia cara-cara untuk berdandan, aturan main untuk berdandan, dan bisa di khususkan untuk orang-orang baru yang ingin belajar untuk ber make-up . dan disediakan untuk sharing dengan maybeline jika ingin menannyakan seputar Make-Up

b. Referensi dari website perusahaan yang kedua saya mengambil contoh dari website Sariayu Marthatillar (situs : http://www.trendwarna.sariayu.com/index.htm )

Tampilan layar awal berwarna-warni yang Exotic, warna-warna yang menarik simpati masyarakat untuk lebih mengenal sariayu. Terdapat iklan dari produk sariayu itu sendiri (menampilkan koleksi sariayu, cara berdandan, foto wanita yang sudah di dandani dengan make-up dari sariayu dan beauty promo) dengan ukuran (19 x 8 cm) iklan berbentuk slide show. Dan tersedia bagian-bagian dari sariayu jika kita ingin mengetahui lebih dalam lagi (Trend warna 2011, News/Events, Behind the scene, WWF, Vote me dan Koreksi tata rias dari sariayu).

Sariayu lebih menampilkan wana-warna yang cerah, dan warna-warna terbaru yang dikeluarkan setiap tahunnya. Jadi lebih terlihat menarik didalam websitenya. Dan website sariayu ini mudah untuk diaksesnya.

WWF memberikan apresiasi kepada Sariayu terhadap komitmen pelestarian keragaman alam dan budaya Indonesia yang selalu menjadi dasar penciptaan tema trend warna. Dukungan Sariayu membantu WWF - Indonesia merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian laut bagi masyarakat.